Monday 5 September 2011

Materi Untuk Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Makale, 6 September 2011-Nikodemus blog.

Berhubung hari ini saya mempunyai sedikit waktu luang, maka saya gunakan untuk melanjutkan postingan saya yang membahas tentang materi materi yang kemungkinan akan dibahas di Mata Kuliah Semester Ganjil, pada jurusan Matematika, FKIP UKI Toraja.

Kali ini saya akan memposting materi untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang kebetulan juga saya program dan juga kebanyakan dari teman teman yang lain.

Next..........

Ada beberapa materi yang kemungkinan akan dibahas dalam Mata Kuliah PKn antara lain
1. Wawasan Nusantara
  Wawasan Nasional adalah cara pandang suatu bangsa yang telah menegara tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang serba terhubung (interaksi & interelasi) serta pembangunannya di dalam bernegara di tengah-tengah lingkungannya baik nasional, regional, maupun global.

2. Ketahanan Nasional
  
Kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang berintegrasi, berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan ancaman hambatan dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Untuk menjamin identitas, integritas kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya.
            Konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh berlandaskan Pancasila, UUD 45 dan Wasantara.
Kesejahteraan = Kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya demi sebesar-besarnya kemakmuran yang adil dan merata rohani dan jasmani.
Keamanan       =          Kemampuan bangsa Indonesia melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam.

3. Politik Dan Strategi Nasional ( Polstranas)


PENGERTIAN POLITIK
Kata politik berasal dari bahasa Yunani : Politeia.

Polis    : Kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri (negara)

Teia     : Urusan

Kata Politik dalam bahasa Inggris ada 2 :
Politics : Suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara dan alat yang akan digunakan untuk mencapai cita-cita/tujuan tertentu.
Policy :    Penggunaan pertimbangan yang dianggap dapat lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita-cita/ tujuan yang dikehendaki.

Politik secara umum menyangkut proses penentuan tujuan dari sistem negara dan bagaiman melaksanakan tujuan itu. Untuk itu diperlukan kebijakan-kebijakan umum (public policies) yang menyangkut pengaturan, pembagian/alokasi sumber-sumber yang ada, dan diperlukan kekuasaan dan wewenang (authority) untuk membina kerjasama/penyelesaian konflik dalam proses pencapaian tujuan.

Materi diatas hanya dijelaskan secar umunya saja. tetapi jangan takut, saya telah mengemasnya dalam bentuk bundel materi yang lebih lengkap, detail dan mudah dipahami. materi tersebut bisa didownload melalui blog saya ini.

Untuk teman teman yang berminat, silakan download melalui tautan dibawah ini :

Download Materi Pendidikan Kewarganegaraan Disini 

Oke deh teman teman, selamat mendownload yah. jangan lupa setelah didownload, diekstrak dulu karena saya buat dalam format Rar agar lebih aman.

Terima kasih udah mampir ke blog saya. 

0 comments: