Monday 5 September 2011

Analisis Vektor

Makale, 6 September 2011



Halou sobat blogger, apa kabar nieh semua?? baek aja kan? kayak saya nieh dalam keadaan baik baik saja. hehehee...

Okey langsung aja yah, posting saya kali ini akan membahasa sedikit tentang Analisis Vektor. postingan ini sendiri saya tujukan untuk membantu teman2 Maba di UKI Toraja angkatan 2011 jurusan matematika dalam menelaah dan mempelajarai materi yang sehubungan dengan Analisis Vektor yang kebetulan kebanyakan diprogram oleh teman teman Maba.

Mari kita kembali ke pokok persoalan...........

Vektor adalah : Besaran yang memiliki nilai dan arah. Contohnya adalah perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya, dan momentum. Sementara itu, besaran yang hanya memiliki nilai tanpa arah disebut dengan Skalar. Contohnya adalah massa, muatan, kerapatan, dan temperatur. Untuk notasinya, besaran yang dinyatakan sebagai vektor akan ditandai dengan tanda panah di atas. sedangkan skalar dinyatakan dengan huruf biasa.

Dalam diagram, vektor biasanya dinyatakan dengan panah. Panjang dari panah sebanding dengan besar vektor dan kepala panah menyatakan arah dari vektor tersebut. Perhatikan bahwa vektor memiliki besar dan arah, tetapi tidak mutlak menyatakan lokasi. Sebagai contoh, sebuah perpindahan sejauh 4 km ke arah utara dari Bandung direpresentasikan dengan vektor yang sama pada perpindahan sejauh 4 km ke utara Padang (kelengkungan Bumi diabaikan). Dengan demikian vektor dapat digeser sesuka hati selama besar dan arahnya tidak diubah.

Operasi vektor dapat dibagi menjadi empat kelompok yaitu :
 1.Penjumlahan dua vektor.
 2.Perkalian dengan sebuah skalar.
 3.Perkalian titik dua vektor.
 4.Perkalian silang dua vektor.

Nah untuk treman teman sekalian, itulah sedikit materi tentang Vektor. tetapi jangan takut saya juga menyiapkan file  yang bisa didownload yang mengupas habis tentang materi vektor tersebut diatas.

Untuk yang mau download, klik aja tautan dibawah ini :

Download materi Analisis Vektor atau bisa juga yang Ini

Selamat mendownload teman teman, semoga berhasil dan semoga berguna.
Terimah kasih sudah mengunjungi Blog saya.

1 comments:

Unknown said...

Maju Matematika UKI Toraja