Wednesday 24 August 2011

Instalasi Windows XP di Netbook HP

Hai Para perambah internet mania, kita ketemu lagi nie. dalam postingan kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman saya tentang cara instalasi windows xp di netbook HP.

Beberapa minggu yang lalu, Netbook HP punya sepupu saya terinveksi virus mematikan. bahkan windowsnya langsung gak bisa loading. setelah utak atik sana sini, diputuskanlah untuk diinsatal ulang. awalnya saya gunakan Windows 7, biar gak ada masalah dengan drivernya. tapi baru dua hari dipakai, eh si empunya telpon lagi. ah kasusnya apa lagi neh, pikir saya. ternyata dia gak nyaman pakenya karena lemoottt (baca :Lambat) heheh..

Mau gak mau, akhirnya saya harus install lagi deh dengan windows XP, nah disinilah kasusnya muncul. pada saat selesai loading file windows pada proses setup, tiba tiba netbooknya layar biru.yah uda saya restart lagi dengan harapan layar birunya tidak muncul lagi. namun apa daya, masalahnya gak hilang hilang.

Seperti biasa, kalo ada masalah, saya selalu bertanya pada si Om Google. dan tak ampe 2 menit, saya sudah mendapatkan jawan yang memuaskan.

Yah saya harus membuat kembali Cd Master Windows XP yang didalamnya sudah include driver SATAnya. gimana caranya???? mari saya tunjukkkan.:

Dalam membuat Mater ini kita membutuhkan beberapa hal yaitu:
1. File master Windows XP SP2, boleh diletakkkan di drive mana saja.
2. Software Nlite, yang blum punya download disini
3. Untuk diinstal di windows, Nlite membutuhkan software NET Framework 2.0, download Disini
4. Driver SATA untuk netbook HP Mini, download Disini, atau pilih driver sesuai tipe netbook sobat semua, coba cari Disini. ingat kalo hasil downloadnya bentuk Rar, ekstark dulu.

Setelah memiliki ketiga hal diatas, mari ikuti langkah-langkahnya :
Catatan : Jangan membuka banyak program saat menjalankan Nlite

  • Instal dan jalankan software Nlite yang uda didownload tadi


  • Klik next dan cari lokasi file master windows yang anda siapkan tadi


  • Pada menu presets, kosongkan saja dan klik “next”.

  • Di “Task Selection” pilih “Drivers” dan “Bootable ISO”. kemudian klik “next”.

  • Pada menu “Driver”, klik “insert”pilih “single driver”.

  • Browse driver sata hp mini 110 atau 210 yang telah anda download, pilih “iaahci.inf“, klik open.


  • Kemudian akan muncul pop up, pastikan anda memilih “Textmode driver”, pilih semua komponen dengan mengklik CTRL+A  dan klik  “OK”

  • Anda akan melihat tampilan seperti ini, kemudian plih “next”.

  • Pilih yes untuk memulai proses. 

  • Pilih next. 

  • Kemudian pada General mode pilih “Direct burn”, isi label sesuka anda. kemudian klik “burn”, jika muncul pop up, pilih “yes”. Jangan lupa masukan CD blank anda ke CD/DVD Room. 


  • Jika burning telah selesai, klik next, lalu finish.


Ok anda telah berhasil menggabungkan installer windows xp dengan driver sata hp mini 110-210.


Sekarang anda bisa menginstalnya pada hp mini 110 atau 210 menggunakan CD/DVD external

Nah, sampe disini dulu postingan saya yah, semoga bermanfaat
Terimah kasih.


0 comments: