Tuesday 14 February 2012

Instalasi Manual Squid Di Ubuntu Desktop 11.10

Makale, Nikodemus Saung Blog

Selamat berjumpa kembali sobat bloger semua. maaf saya baru sempat posting lagi, kemarin-kemarin saya banyak kesukan jadi gak ada sempat untuk membuat postingan.

Ok, langsung aja ke inti persoalan. disini saya akan memberikan cara instalasi manual squid di ubuntu desktop, dimana merupakan salah satu kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa SMK jurusan TKJ pada ujian praktek kejuruan tahu 2012 yang memilih paket 1.

Di ubuntu yang saya gunakan, saya menggunakan Squid-2.7.STABLE9 sebagai Proxy. saya sengaja membahas cara penginstalan manual karena kebanyakan tutorial yang ada di internet menggunakan internet pada penginstalannya. yaitu dengan perintah # apt get install squid . Kelemahan dari cara tersebut adalah ketika kita tidak ada koneksi internet langsung.

Nah untuk instalsi manual, kita download terlebih dahulu paket Squid 2.7.STABLE9 di alamat : http://www.squid-cache.org/Versions/. setelah itu, copykan file hasil download tersebut ke direktori  /usr/local pada ubuntu desktop anda.

Saya andaikan squid tersebut sudah ada di direktori /usr/local, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke terminal dan ketikkan perintah-perintah berikut. jangan lupa login sebagai root agar bisa melakukan pengaturan seperti halnya administrator di windows.

#cd /usr/local ( untuk masuk ke direktori tempat squid)
#tar zxvf squid-2.7.STABLE9.tar.gz ( untuk mengekstrak file squid yang kita copy tadi)

Kita buat terlebih dahulu user untuk menjalankan squid nantinya dengan perintah :
#useradd -d /cache/-r-s /dev/null 2>&1 ( untuk menambah user squid ke sistem)
#mkdir /cache/ ( untuk membuat direktori cache)
Setelah perintah perintah diatas, akan tercipta file baru di direktori /usr/local dengan nama squid-2.7.STABLE9 yang merupakan hasil ekstrak dari file yang kita copy tadi.masuk ke direktori tersebut dengan  perintah berikut :
#cd squid-2.7.STABLE9 (untuk masuk ke direktori squid hasil ekstrak)
#./configure --prefix=/usr/local/squid (mengkonfigurasi otomatis file squid)
#make all ( untuk membuat file instalasinya squid)
#make install (menginstal squid secara manual)

catatan : demi kelancaran praktek, tolong diperhatikan betul tanda spasi dan lambang lainnya.

Tunggu sampai selesai, sekarang coba periksa di direktori /usr/local, seharusnya sudah muncul direktori baru dengan nama Squid. nah inilah hasil instalasi yang kita lakukan. langkah selanjuntnya tinggal mengkonfigurasi file squid.conf yang ada di direktori squid/etc/ sehingga sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan soal.

Ok sampai disini yah , semoga membantu.
Terimah kasih atas kunjungannya. jangan lupa untuk komen, hehe..

3 comments:

Anonymous said...

Terima kasih sudah berbagi pengetahuan dengan saya, saya akan menghubungi bapak jika saya mempunya kendala,

Unknown said...

install tidak berhasil pak, minta dirubah path config.log nya

Anonymous said...

apakah bisa di apke pada ubuntu 12.10 desktop? tlg di dibantu gan ??